MANFAATKAN MASA PANDEMI OPTIMALKAN SISTEM ADMINITRASI

  • Mar 24, 2023
  • TANGKILSARI.TAJINAN

TANGKILSARI TAJINAN | 10 Juni 2022 - Berada dikawasan perbatasan Kabupaten Malang dan Kota Malang menjadikan semangat H. Sugiono, S.Sos sebagai Kades Tangkilsari Kecamatan Tajinan maksimalkan sistem administasi di wilayah kerjanya. salah satunya menyatuan database khususnya administrasi terkait angka kelahiran seperti mencetak akta.

"Selagi masa pandemi kami beberapa tahun ini tetap harus berkarya dan membuat berbagai optimisme dengan menata memaksimalkan optimalisasi adminstrasi lebih mudah dan modern"
Sebagai daerah berdasarkan Daftar Isian Data Dasar Profile Desa tahun 2009, Luas desa mencapai 247.923 Ha, peruntukan permukiman 33.809 Ha, pertanian sawah 150.3 Ha, Ladang 97.6 Ha, Bangunan 10310 Ha, Rekreasi dan Olahraga 0.950 Ha dan pemakaman 0.500 Ha. Hasil tanaman palawija sebanyak 75 ton/tahun, tanaman padi sebanyak 4,8 ton/tahun dan tebu 37,5 ton/tahun.

Sugiono sendiri sebagai kepala desa selain membuat sistem kerja yang lebih digitalisasi di era milenial dirinya juga intens untuk dunia pertanian. Bahkan dalam menekan angka kemiskinan dan ketermanfaatan lahan potensial diwilayahnya menurutnya bisa mengurangi angka kemiskinan melalui pertanian .

Langkah selama menjabat 3 tahun ini menurut kades tersebut dirinya juga selalu mengupayakan pemanfaatan potensi yang bisa menekan dampak pandemi tidak terlalu parah.

Bahkan terkait fasilitas kesehatan desa juga menyediakan mobil ambulance desa yang butuh terlayani segera dilayani menuju penanganan medis. Bukan hanya itu menurutnya selalu mengoptimalkan home industri, kegiatan padat karya.

"Ini dilakukan semata kami menjaga resiko pengangguran serta masyarakat agar tetap bisa berbuat banyak untuk meningkatkan kesejahteraan".ulas Kades tersebut.

#tangkilsaritajinan
#akd390
#asosiasikepaladesa
#kabupatenmalang